Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Spesifikasi Vivo V21

Review Spesifikasi Vivo V21

Meski sudah meluncurkan versi 5G, vivo tetap menghadirkan V21 versi LTE di Indonesia. Jaringan 5G saat ini masih sangat terbatas jangkauannya. Smartphone Vivo V21 akan tetap punya pasarnya tersendiri di kelas menengah, terutama untuk penguna yang mementingkan desain dan kemampuan kamera.

Warna Diamond Flare yang menawan

Warna Diamond Flare milik vivo V21 menyajikan corak berlian dengan efek yang berkilau ketika terkena cahaya. Efek berlian dengan paduan warna biru, ungu, dan sedikit merah muda tersebut tampak sangat cantik. Dari segi desain vivo V21 punya DNA yang amat mirip dengan V21 5G. Bahkan, bisa dibilang kembar. Lekukan ergonomisnya, penempatan kamera belakang, hingga layar depan yang masih berponi terlihat sama.

Sensasi genggamannya kurang lebih juga mirip dengan V21 5G. Terasa ramping dan cukup ringan dengan ketebalan 7,38mm dan berat 171 gram. Bodi bagian belakangnya agak licin tapi tidak sampai membuatnya gampang terlepas dari tangan. Yang saya suka, back cover V21 tidak mudah kotor oleh bekas jari berkat Anti-Fingerprint AG Glass.

Pada bagian bawah Anda akan menemukan port USB Type-C yang berdampingan dengan lubang jack 3.5mm dan grill speaker. Sekadar informasi, speaker pada V21 belum stereo. Selain itu ada pula triple slot untuk menampung dua nano SIM-card dan satu microSD.


Sebagai tambahan, vivo V21 juga didukung NFC Multifungsi yang bisa digunakan untuk menduplikasi kartu akses, mengisi ulang kartu untuk transportasi umum, dan memudahkan konsumen dalam bertukar file.



Layar sedap dipandang

Vivo V21 mengusung layar AMOLED 6,44 inci Full HD+. Kualitas layarnya terbilang bagus dan sedap dipandang dengan warna yang hidup serta tingkat kecerahan yang baik meski digunakan di bawah sinar matahari.


Untuk beragam kebutuhan mulai dari browsing, menonton video/film, menelusuri media sosial, hingga bermain games layar V21 bisa diandalkan. Walaupun demikian, ada satu kekurangan dari layar ini, refresh rate-nya masih 60Hz saja. Kebanyakan ponsel di rentang harga yang sama setidaknya sudah 90Hz.

Kamera oke untuk berbagai kondisi pemotretan

Beralih ke sektor kamera, di bagian belakang vivo V21 mengandalkan 64MP Night Camera, 8MP Super Wide-Angle Camera, dan 2MP Super Macro Camera. Untuk swafoto, ada kamera depan 44MP Autofocus Super Night Selfie. Tetapi untuk kamera utama dan kamera depan pada ponsel ini belum didukung OIS seperti V21 5G.


Vivo mengklaim, dengan autofocus kamera depan tersebut mampu menangkap foto dan video dengan baik pada jarak jauh maupun dekat. Aperture-nya f/2.0, sehingga cukup ideal untuk menangkap cahaya lebih banyak. Selain itu, ada pula teknologi Super Night Selfie untuk pengambilan swafoto di malam hari, serta Night Portrait dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

Kualitas foto yang dihasilkan dari kamera vivo V21, kamera belakang juga kamera depan, sangat bagus di kelasnya dalam berbagai kondisi pemotretan, sangat dengan mudah mendapatkan foto yang terang, tajam meski tanpa OIS, dan dengan sajian warna yang hidup tapi masih tampak natural terutama ketika menangkap obyek manusia. Dynamic range-nya pun.

Kinerja mulus

Performa vivo V21 didukung Qualcomm Snapdragon 720G. Chipset yang tergolong mainstream dan sudah banyak digunakan oleh berbagai ponsel kelas menengah. Yang menarik, RAM 8 GB bawaannya bisa ditambahkan lewat fitur 3 GB Extended RAM.

 



Kinerja V21 terbilang mulus untuk berbagai kebutuhan. Perpindahan antar aplikasi terasa gegas, dan belum saya temukan lag yang mengganggu. Untuk gaming pun lancar. Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Asphalt 9 bisa Anda mainkan tanpa kendala asalkan memilih pengaturan grafis yang baik.





Kalau dibandingkan dengan V21 5G, kita tidak akan merasakan perbedaan performa yang terlalu signifikan. Hanya jaringannya saja yang tidak mendukung 5G. Harus diakui bahwa Snapdragon 720G masih sangat bisa diandalkan untuk penggunaan di tahun 2021 ini.


Charging kencang

Untuk daya, vivo V21 mempunyai baterai berkapasitas 4.000 mAh lengkap dengan teknologi 33W FlashCharge untuk charging cepat. Sekilas tidak besar, sesuai dengan bodinya yang ramping. Tapi untuk pemakaian normal, baterai ini masih bisa bertahan sejak pagi hingga malam hari. Kemampuan pengisian dayanya kencang, hyanya butuh sekitar 1 jam untuk dapat terisi penuh.


Opsi menarik untuk yang gemar foto-foto dan ingin tampil gaya

Dengan harga yang lebih terjangkau, vivo V21 merupakan opsi yang menarik untuk pilihan alternatif saat ini yang belum membutuhkan jaringan 5G. Desainnya stylish, kameranya bagus, dan fiturnya cukup lengkap. Terbukti, meski tanpa dukungan 5G, V21 tetap layak Anda pertimbangkan di kelas harganya.

Untuk harga vivo V21 varian 128 GB dijual dengan harga sekitar Rp. 4.399.000.

Untuk harga vivo V21 varian 256 GB dijual dengan harga sekitar Rp. 4.999.000.


Sumber Artikel:

https://www.yangcanggih.com/2021/08/18/review-vivo-v21/

dilengkapi dan edit oleh tim Aseptekno & Asepmart Group

Posting Komentar untuk "Review Spesifikasi Vivo V21"