Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Good Vibes

 


Kata vibes sering digunakan untuk mengungkapkan sebuah perasaan yang sedang dirasakan, mau itu perasaan baik ataupun perasaan buruk. Kata-kata vibes ini juga begitu populer, bahkan bukan hanya digunakan dalam media sosial saja namun juga digunakan dalam keseharian.

Kata ‘vibes’ sendiri sebenarnya merupakan kependekan dari ‘vibrations’. Istilah ini tak hanya digunakan untuk ‘good vibes’ saja, tapi juga digunakan untuk istilah lainnya.

 

Kita Hidup dalam Dunia yang Penuh Dengan Vibes

Pada dasarnya vibe, vibes atau vibration merupakan getaran, frekuensi atau gelombang. Hal ini sudah ada dalam sains sejak lama, sehingga seseorang mampu melihat sebuah objek karena adanya getaran cahaya, mendengar karena adanya getaran suara dan lain sebagainya. Sistem saraf juga menafsirkan berbagai tingkat getaran menjadi penglihatan, suara, sentuhan, penciuman, dan rasa.

Namun tak hanya menafsirkan getaran yang ada di sekitar, seseorang juga menciptakan getaran melalui emosi dan pikiran mereka. Dari sinilah istilah ‘good vibes’ muncul. Seseorang seperti halnya sebuah radio dua arah, tak hanya menerima dan menafsirkan getaran yang ada sekitar, tapi juga bisa menciptakan dan mengirimkan getaran ke penjuru dunia.

 

Memiliki Vibe yang Sama

Jika seseorang memiliki good vibe, itu maknanya dia menciptakan getaran emosi atau pikiran yang positif. Saat kamu merasa nyaman dengan seseorang, itu berarti di antara kalian berdua tercipta getaran emosi atau pikiran yang sama, bisa jadi positive vibes atau sebaliknya.

 Bisa diibaratkan sebuah stasiun radio yang memiliki frekuensi tertentu. Jika kamu ingin mendengar siaran radio A, pastinya harus menyetel frekuensinya agar nyambung. Sama halnya saat kamu ‘menyetel’ emosi ke frekuensi tertentu, maka kamu akan tertarik dengan orang lain yang memiliki yang frekuensi sama.

Inilah sebabnya mengapa orang yang membuat kamu tertarik, seringkali memiliki pandangan hidup yang tak jauh berbeda. Sementara seseorang yang kurang  disukai biasanya memiliki pandangan hidup atau minat yang berbeda.

 

Good Vibes atau Bad Vibes?

Setiap pikiran atau emosi yang dirasakan bisa menciptakan good vibe ataupun sebaliknya. Sama halnya dengan skala frekuensi pada radio, setiap saluran memiliki frekuensi yang berbeda, begitu  pula skala frekuensi emosi seseorang.


Kamu bisa menggunakan skala emosi dari Esther and Jerry Hicks yang memiliki 22 titik emosional. Dengan skala tersebut, kamu mengetahui saat ini perasaan kamu sedang ada di titik mana dan bagaimana harus melaluinya.

 

1. Apa itu Vibes?

Kata Vibes berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Indonesia berarti "getaran". Karena kata ini berasal dari bahasa Inggris maka ketika digabungkan dengan kata-kata lainnya menjadi sebuah kalimat, maknanya menjadi sedikit berbeda sesuai kalimat yang menyertainya.

Arti vibes juga bisa merupakan sebuah pancaran emosi yang ditunjukkan seseorang ke lingkungan sekitarnya dengan bahasa dan interaksi sosialnya. Jadi, vibes merupakan suatu perasaan, emosi atau suasana hati yang dipancarkan seseorang, benda maupun tempat yang dirasakan oleh orang lain.

Kata tersebut rupanya juga memiliki kemiripan dengan kata vibra, dimana jika diterjemahkan memiliki arti getaran. Tetapi, vibes juga diartikan sebagai aura dan mood atau suasana hati. Dapat dikatakan juga sebagai suasana yang timbul atau muncul dan dirasakan.

 

2. Good Vibes

Kita mengetahui bahwa arti vibes merupakan sebuah perasaan yang kita rasakan. Namun, bagaimana dengan good vibes? Secara umum kata good vibes diartikan sebagai getaran atau suasana yang positif. Misalnya saja, kalian pergi nonton atau pergi ke tempat yang sejuk dan memberikan perasaan baik di dalam hati.

Dengan perasaan tersebut, kalian bisa mengungkapkan bahwa kalian berada dalam good vibes atau suasana yang baik dan positif. Tidak heran bila kata good vibes sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan bahagia ataupun senang karena sesuatu. Atau perasaan positif yang kalian dapatkan dari sebuah situasi.

 

3. Bad Vibes

Bagaimana dengan bad vibes? Apakah arti vibes ini bisa menjadi sebuah pertanda perasaan yang buruk? Kebalikan dari good vibe, bad vibe memiliki makna getaran emosi yang buruk atau sesuatu hal yang berubah menjadi sebuah energi negatif.

Jika good vibe bisa mempengaruhi suasana seseorang menjadi lebih baik, maka bad vibe lebih cenderung mempengaruhi suasana menjadi buruk atau kurang menyenangkan. Misalnya saja kalian melihat sebuah tontonan buruk yang juga memperburuk emosional kalian. Sehingga ini bisa diungkapkan dengan vibes buruk.

Atau bisa pula kalian di suasana keributan, sehingga membuat kalian merasa bad mood. Ini bisa juga diungkapkan sebagai bad vibes. Tidak heran bila kata bad vibes sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan sedih ataupun marah karena sesuatu. Bahkan bisa menjadi sebuah ungkapan hati yang sedang merasakan hal negatif.

 

4. Kata-Kata untuk Good Vibes

Tidak hanya sebuah kegiatan saja, good vibes bisa kita dapatkan dari sebuah kata-kata. Dan berikut ini beberapa kata-kata positif yang mungkin bisa menjadi sebuah good vibes bagi kehidupan kalian:

  • o   "Sikap positif dapat menyebabkan reaksi berantai dari pikiran, hasil, dan peristiwa positif."
  • o   "Kamu harus membersihkan pikiranmu dari semua getaran buruk. Biarkan good vibes mengalir sebagai gantinya."
  • o   "Pikiranmu sangat kuat. Jika kamu mengisinya dengan pikiran positif, kamu akan segera mulai melihat perubahan positif di dalamnya."
  • o   "Hidup adalah sebuah anugerah. Dan itu memberi kita hak istimewa, kesempatan, dan tanggung jawab untuk memberikan sesuatu kembali dengan menjadi lebih." - Tony Robbins
  • o   "Hidup ini terlalu singkat untuk selalu serius setiap saat. Jadi, jika kamu tidak bisa menertawakan diri sendiri, hubungi aku. Aku akan menertawakanmu!"
  • o   "Jadilah jiwa yang indah sehingga orang-orang mendambakan good vibes-mu."

  • o   "Hiduplah sehingga ketika anak-anakmu memikirkan keadilan, kepedulian, dan integritas, mereka memikirkanmu." - H. Jackson Brown, Jr
  • o   "Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah jadi. Itu berasal dari tindakanmu sendiri." - Dalai Lama
  • o   "Ketika kebahagiaan orang lain adalah kebahagiaanmu, itulah cinta." - Lana Del Rey
  • o   "Percayalah pada getaran yang kamu dapatkan, energi tidak berbohong."
  •  


Sumber Artikel:

https://id-velopedia.velo.com/good-vibes-ini-alasannya-kenapa-kamu-harus-tahu-artinya/

https://plus.kapanlagi.com/arti-vibes-adalah-getaran-beserta-perbedaan-dari-bad-vibes-dan-good-vibes-bcb3d2.html

dilengkapi dan edit oleh tim Aseptekno

 


Posting Komentar untuk "Good Vibes"