Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Jagat Sinema Bumilangit (Bumilangit Cinematic Universe)

 



Screenplay Bumilangit resmi mengumumkan peluncuran Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1. Beberapa tahun ke depan telah dipersiapkan tujuh film yang akan berada dalam jalinan film yang berada di dalam satu cerita. Jagat Sinema Bumilangit dibuka dengan Patriot Pertama yaitu ‘Gundala’ yang telah tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 29 Agustus 2019.


Aktor dan aktris Indonesia papan atas dipastikan akan terlibat di Jagat Sinema Bumilangit. Mereka adalah Abimana Aryasatya yang berperan sebagai Gundala, Chicco Jerikho sebagai Godam, Pevita Pearce sebagai Sri Asih, Chelsea Islan sebagai Tira, Tara Basro sebagai Merpati, Asmara Abigail sebagai Desti Nikita, Hannah Al Rashid sebagai Camar, Kelly Tandiono sebagai Bidadari Mata Elang, Joe Taslim sebagai Mandala, Vanesha Prescilla sebagai Cempaka, Della Dartyan sebagai Nila Umaya, Ario Bayu sebagai Ghani Zulham, Bront Palarae sebagai Pengkor, Lukman Sardi sebagai Ridwan Bahri, Daniel Adnan sebagai Tanto Ginanjar, Tatjana Saphira sebagai Mustika Sang Kolektor, Adhisty Zara sebagai Virgo, Dian Sastrowardoyo sebagai Dewi Api, dan Nicholas Saputra sebagai Aquanus.


Joko Anwar, selaku creative producer menyampaikan bahwa Jagat Sinema Bumilangit adalah perpanjangan dari jagat cerita yang terinspirasi dari komik-komik legendaris Indonesia, “Sebenarnya jagat cerita ini sudah ada sejak tahun 60an. Karakter-karakter cergam dari pengarang yang berbeda bisa bertemu dan berkongsi cerita dalam satu penerbitan. Jagat sinema Bumilangit mengadaptasi jagat cerita ini.”

 

Mengenai rencana ke depannya, ia memberikan bocoran, “Yang sudah pasti ada tujuh film setelah Gundala yang sedang dipersiapkan. Mereka ada di era Jawara dan Patriot. Ada Sri Asih, Godam dan Tira, Si Buta dari Gua Hantu, Patriot Taruna, Mandala, Gundala Putra Petir, dan Patriot. Di film-film ini akan muncul karakter-karakter lain juga. Kami sudah membuat benang merah cerita dan perkembangan tiap karakter dengan rapi dari film pertama sampai akhir. Nantinya akan dikembangkan lagi oleh tiap sutradara dan penulis untuk tiap filmnya. Jadinya karakter dan cerita akan sangat terjaga.”


Selain itu, ia menambahkan, “Kami ingin menjadikan Jagat Sinema Bumilangit ini sebagai showcase untuk talenta-talenta terbaik Indonesia, baik di depan maupun di belakang kamera. Jadi selain harus cocok dengan karakternya, juga harus punya skill yang sangat tinggi.”


Wicky V. Olindo, produser dari Screenplay Bumilangit menjelaskan, “Jagat Sinema Bumilangit merupakan usaha untuk memberikan kesegaran bagi penonton Indonesia. Dengan jalinan cerita yang tersambung satu sama lain, penonton dapat merasakan cara bercerita yang seru. Ke depannya, film-film ini bisa menjadi hiburan juga inspirasi bagi masyarakat banyak.”

 

Bismarka Kurniawan, produser dari Screenplay Bumilangit mengatakan, “Peluncuran Jagat Sinema ini diharapkan memberikan gairah dan semangat baru bagi industri kreatif di Indonesia. Karya anak bangsa harus jadi tuan rumah di negara sendiri dan bahkan dipasarkan secara internasional.”

 

Apa itu Jagat Bumilangit? Bumilangit yang berdiri sejak tahun 2003 adalah sebuah perusahaan hiburan berbasis karakter terdepan di Indonesia yang mengelola pustaka karakter terbanyak, sekitar 1000 lebih karakter ciptaan banyak komikus legendaris Indonesia. Nama-nama legenda seperti bapak komik Indonesia RA Kosasih, Ganes TH., Hasmi, Jan Mintaraga, Mansyur Daman, Wid NS, Nono GM, Banuarli Ambardi, Mater, sampai Iwan Nazif dan Is Yuniarto, merupakan original artist yang lisensi karyanya dimiliki oleh Bumilangit.

 

Jagat Bumilangit dimulai sejak Letusan Toba 75.000 SM. Jagat Bumilangit terbagi atas empat era yaitu Era Legenda, Era Jawara, Era Patriot, dan Era Revolusi. Era Jawara adalah eranya para pendekar, mereka ada di masa kerajaan nusantara. Jagat Jawara memiliki 500 karakter dengan 50 judul komik yang telah diterbitkan.  Di antaranya ada Si Buta Dari Gua Hantu dan Mandala.


Sedangkan Era Patriot adalah eranya para jagoan. Mereka ada di masa saat ini. Untuk Jagat Patriot terdiri dari 700 karakter dan 110 judul komik yang telah diterbitkan dan dijual. Sepanjang sejarahnya komik-komik ini telah terjual lebih dari dua juta eksemplar dan dibaca oleh lebih dari sepuluh juta orang. Karakter-karakter terkemuka yang termasuk di dalamnya adalah Gundala, Sri Asih, jagoan pertama Indonesia yang diciptakan tahun 1954, lalu Godam, Tira, Sembrani, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Film ‘Gundala’ ditulis skenarionya dan disutradarai oleh Joko Anwar. Gundala diperankan oleh Abimana Aryasatya. Kembalinya karakter ciptaan Hasmi ke layar lebar ini diharapkan dapat memperlihatkan ke generasi baru bahwa Indonesia mempunyai karakter jagoan yang layak dibanggakan. ‘Gundala’ diproduksi oleh Bumilangit Studios dan Screenplay Films, bekerja sama dengan Legacy Pictures dan Ideosource entertainment.

 

Selain tayang di Indonesia, Film  ‘Gundala’ berhasil menembus Toronto International Film Festival bersama beberapa film dunia yang paling ditunggu kehadirannya tahun ini, antara lain JOKER karya Todd Phillips, RADIOACTIVE dari Marjane Satrapi, dan KNIVES OUT yang dibintangi Chris Evans dan Daniel Craig. ‘Gundala’ akan bersaing dengan film-film lainnya untuk memperebutkan People’s Choice Awards. Film ‘Gundala’ akan diputar di program Midnight Madness dan menjadi satu-satunya film Asia Tenggara di program tersebut.

 

GUNDALA dapat disaksikan sekarang juga di Netflix, Vidio, dan Disney+ Hotstar.

 

Pada tanggal 6 Juli 2022, Sri Asih, film kedua di Jagat Sinema Bumilangit, disutradarai oleh Upi dan dibintangi oleh Pevita Pearce sebagai Alana /  Sri Asih, merilis teaser resmi pertamanya. Sri Asih tayang pada tanggal 17 November 2022 di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia.

 

Film ke 3 Jagat Sinema Bumilangit adalah Virgo and The Sparklings, disutradarai oleh Ody C. Harahap dan dibintangi oleh Adhisty Zara sebagai Riani atau Virgo. Film ini akan tayang pada tahun 2023 dan trailer pertamanya dirilis eksklusif di bioskop sebelum film Sri Asih dimulai.

 

Sumber Artikel:

https://bumilangit.com/id/jagat-sinema-bumilangit/

 


Posting Komentar untuk "Tentang Jagat Sinema Bumilangit (Bumilangit Cinematic Universe)"