Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vivo T1 5G: Desain Menarik untuk Kawula Muda

 


Smartphone Vivo punya lini baru di ranah smartphone dengan meluncurkan T1 5G dan T1 Pro 5G. Kehadiran seri T ini agak sedikit membingungkan karena dari sisi harga posisinya mirip dengan seri Y.  Namun, di luar itu, vivo T1 5G yang kami uji kali ini hadir sebagai pilihan bagi kawula muda yang butuh smartphone kekinian dengan dukungan jaringan 5G.

Desain masih jadi salah satu unggulan vivo yang memang menyasar kawula muda yang dinamis. Bodi belakang vivo T1 5G hadir dengan dua pilihan warna, yaitu hitam atau starlight black dan pelangi atau rainbow fantasy. Selain terlihat lebih menarik, bodi belakang dengan lapisan finishing Crystalline Matte ini tidak akan meninggalkan jejak sidik jari dan juga tahan terhadap goresan halus.

 


Berbeda dengan vivo T1 Pro 5G yang menggunakan layar dengan panel AMOLED, vivo T1 5G menggunakan panel IPS LCD. Meski secara spesifikasi lebih rendah, tetapi kualitasnya tetap bagus serta terlihat tajam dan terang. Color gamut-nya luas dengan 96% NTSC. Punya ukuran 6,58 inci, resolusinya Full HD+ tepatnya 2.408 x 1.080 piksel dengan rasio sekitar 20 banding 9. Karena masih menggunakan panel IPS, vivo tidak menyematkan sensor fingerprint pada layar, tetapi di tombol power. Vivo T1 5G mendukung penyimpanan sampai lima sidik jari berbeda.



Sebagai seri di bawah versi Pro, vivo T1 5G memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera untuk kedelaman 2 MP. Anda tidak akan menemukan kamera ultralebar dan telefoto pada seri ini. Pada pengujian kami, kamera utama cukup baik dalam menangkap gambar dalam kondisi temaram saat malam hari. Kamera dengan aperture f/1,8 terbilang cukup besar dan mampu menangkap cahaya sekitar dengan baik. Sedikit noise yang dihasilkan masih dimaklumi sesuai dengan segmen yang dituju. Begitu pula dengan kamera makro yang tajam menangkap gambar dari jarak 4 cm. Pada foto pun mampu dihasilkan dengan rapi dan tajam.

 

Kemampuan merekam videonya hanya mendukung sampai resolusi Full HD. Karena tidak memiliki fitur penstabil gambar, hasil video akan sedikit bergoyang saat merekam sambil berjalan ataupun berlari. Untuk kebutuhan swafoto, seri ini punya kamera depan dengan resolusi 16 MP.

Untuk menopang performa, vivo T1 5G menyematkan SoC Dimensity 810 dari MediaTek. Ini yang membedakannya dengan versi Pro yang menggunakan Snapdragon 778G 5G. vivo T1 5G sendiri terdiri dari dua varian yang dibedakan oleh kombinasi memori utama dan media simpan internal, yaitu versi 4 GB + 128 GB dan 8 GB + 128 GB. Kombinasi tersebut menghasilkan performa yang dirancang agar berjalan mulus pada beberapa skenario penggunaan sehari-hari. Kapasitas penyimpanan yang cukup besar pun cukup menyenangkan untuk menyimpan ataupun merekam video dengan resolusi tertinggi.

 


Meski secara khusus tidak dirancang untuk bermain gim, vivo T1 5G menyediakan fitur Ultra Game Mode 2.0 dengan tiga pilihan profil yang terdiri dari Battery Saver, Balance, dan Performance. Dengan kombinasi peranti keras dan peranti lunak, vivo T1 5G cukup mumpuni menangani beberapa gim populer seperti Call of Duty, PUBG Mobile, sampai Genshin Impact tanpa kendala dengan pengaturan yang disesuaikan. Misalnya saja pada Genshin Impact, kenyamanan lebih terasa saat diatur ke pilihan grafis low. Sementara, pada PUBG Mobile, secara default sistem akan mengatur pilihan grafis ke medium.

 


Guna meredam suhu ketika sedang beraktivitas, vivo menyematkan sistem pendingin berteknologi Liquid Cooling. Sistem ini bekerja cukup baik ketika kami coba memainkan PUBG Mobile selama setengah jam. Hasilnya, bodi terbilang adem dengan tingkat kehangatan yang wajar.

Seperti smartphone masa kini lainnya, vivo juga menyematkan fitur Extended RAM. Fitur ini akan menambahkan memori utama dengan memori virtual menggunakan sebagian kapasitas media simpan internal. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan mendapatkan pengalaman berselancar yang lebih mulus, utamanya saat multitasking. Anda tinggal mengaktifkan fitur ini dan memori utama 8 GB akan ditambah 4 GB sehingga menjadi 12 GB.

Selain itu, kami juga suka dengan daya tahan baterainya. vivo T1 5G memiliki baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang kerap digunakan pada smartphone entry-level sampai kelas menengah. Pada pengujian yang kami lakukan, baterai tersebut mampu bertahan hampir 21 jam, dan jadi salah satu baterai dengan daya tahan terlama yang pernah kami uji. MediaTek Dimensity 810 dengan technology node 6 nm memang menawarkan performa kencang di kelasnya, tetapi dengan konsumsi daya yang efisien.

Untuk pengujian baterainya sendiri menggunakan PCMark for Android dengan skenario Work 3.0 Battery Life dan pengaturan tingkat kecerahan ke posisi 50% plus Wi-Fi dimatikan. Sementara, untuk skenario bermain gim, kami coba memainkan PUBG Mobile dengan pengaturan pada mode Balanced; selama sekitar 30 menit, baterai berkurang sekitar 5% saja.



hanya yang agak disayangkan, setidaknya menurut kami, adalah dukungan fast charging yang 18 W saja. Dengan daya yang rendah tersebut, pengisian baterai dari 0% sampai 100% memakan waktu hampir sekitar 2 jam. Jika saja dukungan dayanya lebih besar, tentu akan lebih menarik lagi. Mengingat kompetitor sekelas sudah banyak yang mendukung fast charging dengan daya di atas 18 W. Apalagi jika dibandingkan dengan versi Pro yang memiliki dukungan fast charging 66 W. Untungnya vivo T1 5G mendukung fitur reverse charging sehingga juga bisa digunakan sebagai pengganti power bank untuk mengisi daya perangkat lain.

 


Dukungan jaringan 5G-nya mencakup pita n1 (2.100 MHz), pita n3 (1.800 MHz), dan pita n40 (2.300 MHz). Pita-pita tersebut adalah yang digunakan oleh sejumlah operator telekomunikasi seluler 5G di tanah air, tepatnya Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata.

 

Kesimpulan

Dengan kisaran harga tiga jutaan rupiah, vivo T1 5G siap bertarung dengan kompetitor yang cukup ramai di rentang harga tersebut. Beberapa andalannya seperti dukungan 5G, desain kekinian, fitur kamera, serta performa, bisa menjadi pertimbangan yang cukup menarik. Kami juga menyukai kemampuan baterainya yang tahan lama. Ini masih ditambah dengan dukungan reverse charging yang bisa mengisi baterai perangkat lain. Meski agak disayangkan teknologi fast charging-nya hanya 18 W.

 Sumber Artikel:

https://infokomputer.grid.id/read/123348942/review-vivo-t1-5g-lini-baru-berdesain-menarik-untuk-kawula-muda?page=all

https://www.yangcanggih.com/2022/06/15/review-vivo-t1-5g/

 

Posting Komentar untuk "Vivo T1 5G: Desain Menarik untuk Kawula Muda"